Seputar Kloning

kloningK-L-O-N-I-N-G,, pernahkah mendengar kata-kata itu??? Mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi dengan kata-kata itu ( terutama dari orang biologi niiih..)😉

sebelum belajar lebih lanjut tentang koning, mari kita simak video tentang kloning, untuk menyimak video ini silahkan klik disini

 

bagaimana pendapatmu tentang video tadi???

. Yaah, Kloning merupakan pembiakkan dengan teknik membuat keturunan dengan kode genetik yang sama dengan induknya. Cloning banyak menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat maupun ulama, terutama tentang cloning manusia. Ketika Dolly, domba kloning pertama masuk dalam pemberitaan, kontroversi kloning semakin mengemuka. Tidak hanya peneliti, masyarakat umum menjadi tertarik mengetahui bagaimana kloning dilakukan serta terlibat dalam pro dan kontra. Yang pro banyak, yang kontra juga banyak.
Diantara yang pro terhadap cloning, mereka berpendapat bahwa Kloning memiliki potensi membawa perubahan yang diinginkan dalam susunan genetik individu. Melalui kloning, sifat genetik baik dapat terus dipromosikan sedangkan sifat negatif bisa dihilangkan. Kloning juga bisa diterapkan pada tanaman untuk menghapus atau mengubah gen cacat sehingga membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit. Selain itu, kloning dapat pula diaplikasikan untuk membuat organ manusia sehingga melepaskan ketergantungan pada donor organ. Apalagi akhir-akhir ini para ilmuan cloning telah sukses mengkloning manusia pertama. Adalah Eve bayi perempuan hasil cloning pertama didunia kini berusia 5 tahun, sehat dan kini mulai menginjak pendidikan Taman Kanak Kanak di pinggiran kota Bahama. Era manusia super mungkin bakal segera terwujud. Dunia tidak akan kekurangan stok manusia-manusia super genius sekelas Albert Einsten atau atlet handal sekelas Carl Lewis atauaktris sensual Jennifer Lopez.

 

image31

Manusia-manusia super itu bakalan tetap lestari di muka bumi. 100% sama persis, yang beda hanya generasinya. KLONING terhadap manusia (Eve) merupakan sebuah keberhasilan para ilmuwan Barat dalam memanfaatkan sains yang akhirnya mampu membuat sebuah kemajuan pesat — yang telah melampaui seluruh ramalan manusia. Betapa tidak, cara ini dianggap sebagai jalan untuk memperbaiki kualitas keturunan: lebih cerdas, kuat, rupawan, ataupun untuk memperbanyak keturunan tanpa membutuhkan proses perkembangbiakan konvensional.
Di sini kita akan melihat keuntungan potensial dari cloning, diantaranya yaitu :
1. Penggantian organ
Jika dapat dikloning, organ tubuh hasil kloning akan berfungsi sebagai sistem cadangan. Kloning bagian tubuh berperan sebagai penyelamat. Ketika organ tubuh seperti ginjal atau jantung gagal berfungsi, dimungkinkan untuk menggantinya dengan organ tubuh hasil kloning.
2. Menggantikan reproduksi alam
Kloning pada manusia dapat menjadi solusi untuk infertilitas. Kloning bisa berfungsi sebagai pilihan untuk memproduksi anak-anak. Dengan kloning, terdapat kemungkinan untuk menghasilkan sifat-sifat yang diinginkan pada seorang individu.
3. Bantuan dalam penelitian genetika
Teknologi kloning berpotensi membantu dalam penelitin genetika. Unsur genetik pada manusia kloning memungkinkan direkayasa sehingga mempermudah analisis gen. Kloning juga membantu dalam memerangi berbagai penyakit genetik.
4. Mendapatkan sifat khusus dalam organisme
Kloning memungkinkan kita memperoleh organisme yang disesuaikan untuk kepentingan suatu masyarakat. Kloning merupakan cara terbaik meniru hewan yang dapat digunakan untuk tujuan penelitian. (http://bumbata.co)
Jika dikaitkan dengan agama, cloning juga ada yang diperbolehkan dan ada juga yang diharamkan. Beberapa ahli menyatakan Kloning terhadap tumbuh-tumbuhan atau hewan asalkan memiliki daya guna (bermanfaat) bagi kehidupan manusia maka hukumnya mubah/halal. Hal ini didasarkan pada prinsip bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini diciptakan untuk kesejahteraan manusia, kloning terhadap hewan atau tumbuhan jika memiliki daya guna bagi kehidupan manusia maka hukumnya mubah/boleh dalilnya : Q.S. Al-Baqoroh:29. Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.
Namun, dilihat dari berbagai pandangan (ulama) dapat di ketahui mafsadat dari kloning lebih banyak daripada maslahatnya. oleh karna itu, praktek kloning manusia bertentangan dengan hukum islam dengan demikian kloning manusia dalam islam hukumnya haram. Dalil-dalil keharaman.: Q.S. An-Najm:45-46.
45. Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.
46. Dari air mani, apabila dipancarkan.
Disini menyatakan bahwa logika syari’at Islam dengan nash-nashnya yang mutlak, kaidah-kaidahnya yang menyeluruh, dan berbagai tujuan umumnya, melarang praktik kloning pada manusia. Karena jika kloning ini dilakukan pada manusia, maka akan mengakibatkan berbagai kerusakan sebagai berikut.
1.Hilangnya hukum variasi di alam raya.
2.Kerancuan hubungan antara orang yang di kloning dengan orang hasil kloningannya.
3.Kemungkinan kerusakan lainnya seperti terjangkit penyakit.
4.Kloning bertentangan dengan sunnah untuk berpasang-pasangan.

Naaah,.. dari uraian diatas, bagaimana pendapat anda tentang cloning-cloning tersebut????  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s